Hasna 11 bulan….

Alhamdulillah… genap sudah 11 bulan usiamu Nak…

Banyak sekali cerita di usia ke-11 bulanmu ini. Sudah banyak kata yang bisa kamu ucapakan, seperti kejadian semalem waktu Ibu makan jeruk, entah Kamupun juga sudah mau lho untuk bantu Ibu, meski baru sekedar ngambilin tisu, naruh sampah… (doh, keterlaluan gak sih kalo ini, nyuruh2 anak??)…

Yang jelas, dah tambah menggemaskan, rambut ikalmu pun jg dah bisa dikuncir kayak air mancur😉

Dah hampir 2 mingg ini juga kamu mulai maem bubur nasi, + sayur2an… Alhamdulillah, semua itu kamu mau, tanpa banyak protes.. (emang enak seh, apalagi organik, Ibu aja jg mau…). Semoga tetep sehat ya Nak, jadi anak sholehah, disayang sama Allah. Amiin.

Dawet Kuning Telur, pengusir BATPIL….

Anak2 emang ajaib, apalagi usia2 masih batita (red, hampir 11 bulan). Banyak hal, tingkah laku, ucapan, yang membuat kita geli dan semoga selalu bersyukur… Nha, klo lagi sakit, ini neh yang bikin kita sedih juga…
Masalah klasik anak2, klo tetangga ada yang kena, iktan kena, ato klo ada anggota kelaurga yang kena, juga semua ikutan kena… Flu oh Flu… batuk pilek lah lengkapnya…
Dan beberapa minggu yang lalu, Hasna kena juga tuh virus. Duh Nak, sampe badanmu kecil gitu, kurus bgt, soalnya pas batuk mesti muntah untuk ngeluarin dahak… Alhamdulillah, sekarang dah pergi tuh virus. Dan Alhamdulillah, virus itu pergi tanpa obat masuk ketubuhmu.
Sebenernya, semua ini krn Ayahnya yang greteh dengan hal-hal yang kayak gini. Nyari info kesana kemari, ramuan tradisional apa yg bisa menghilangkan batpil… dapet ramuan yang baru pertama kali ini. Aneh seh denger pertamanya, tapi setelah aku ikuta minum, kok enak juga, dan tenggorokan juga enakan…
Nha, ini neh ramuannya…. Catet yak, kali aja suatu saat berguna juga.

Bahan: Santan, Jeruk nipis, gula batu, kuning telur ayam kampung. Untuk ukuran dikira-kira saja yak…, hihi
Cara buatnya
1. rebus santan, masukkan gula batu, ditambah air jeruk nipis. Sampe mendidih.
2. setelah agak dingin, masukkan kuning telur ayam kampung tersebut….
Kuningnya saja yak, dan pas air santan dah agak dingin, klo pas masukinnya pas mendidih, nanti telurnya selain amis, juga gak campur… Klo masukinnya pas agak dingin, ini gak akan amis, dan tetep mateng kok…
Setelah dingin minumkan ke anak, bisa pake gelas, ato botol…

Awalnya Hasna juga gak mau, cuma disruput bentar, tp lama2 mau juga, 1 botol gak sampe 5 menit, langsung habis. Keesokan harinya dibutkan lagi, sampe 4 hari berturut2, Alhamdulillah setiap hari muntahnya berkurang, dan sembuh total akhirnya tuh batpil. Semoga gak balik lagi ya Nak…
Insya Allah juga menyehatkan, penuh gizi, kuning telur gitu lho…

OK Nak, semoga tetep sehat ya, peluk cium dari Ibu… Semoga selalu disayang sama Allah. Amiin.

Hasna … 29-03-2011

10 Bulan… 3 jam yang lalu….

Masih teringat dengan jelas untuk pertama kalinya Ibu melihat wajahmu… Kini, genap 10 bulan usiamu. Dan di 10 bulan ini sudah banyak sekali pelajaran yang Ibu dapatkan dari kehadiranmu, dan semakin mengagumimu. Sungguh, sempurna sekali Allah menciptakanmu, dan semua itu harus Ibu syukuri.

10 Bulan…. Tetep ndhut kan? Meski dari bulan kemarin timbangan gak mau bergerak, tetep di angka 9,3 Kg, tapi gak masalah, yang penting kamu sehat. Gerakmu sudah tambah lincah, bahkan kadhang, Ibu harus menahan untuk tidka mengedipkan mata, karena terlalu cepatnya kamu bergerak…😉 Beberapa kata juga sudah kamu kuasai, dan kamu juga sudah tahu kapan menggunakan kata-kata itu. Paling seneng kalo kamu bilang “gak papa” dan “emoh”, artinya kamu juga sudah punya kemauan sendiri, dan gak mau dipaksa2…Kadhang kamu juga sudah bisa berdiri sendiri, apalagi ya…. Satu yang belum muncul hingga 10 bulan ini… gigimu itu lho Nak, so meski dah 10 bulan kamu tetep aja masih maem halus. Btw, gak masalah, toh semua sudah ada waktunya sendiri, hanya belum saja. Doa Ibu dan Ayah: semoga tetep sehat dan jadi anak sholehah ya Nak… Semoga selalu di sayang sama Allah… Amiin ya Rabbal ‘Alamiin.

Hasna yg lagi flu…

Alhamdulillah… ternyata Hasna sudha 9 bulan lebih. Hampir 10 bulan malah. Di usianya yg hampir 10 bulan ini, klo diinget2 Hasna flu 2x ini. Flu pertama kali waktu dia berumur 7 bulan. Sedih bgt pas Hasna lagi flu… Tidurnya gak nyenyak. Sebenernya ini efek yg paling terasa. Kalo masalah makan seh dia gak masalah. Alhamdulillah tetep mau. Jadi badannya juga tetep ndhuth… Minum susu ato nen jg masalah… (Alhamdulillah, termasuk gampang di maemnya).

Pengalaman Hasna di flu pertamanya sebenernya saya agak trauma jg, cos flunya lama (3 minggu)… Nha lho…. Mungkin krn menghindari obat kali ya, cuma home treatment aja, jadi termasuk lama untuk penyembuhannya… Tapi gpp, pokoknya menjauhkan diri dari yang namanya “obat”.

Nha, untuk flu kali ini ada ramuan tradisional dari Mbah yang mijet Hasna. Katanya, biar pileknya cepet sembuh dikasih ramuan cengkeh + bawang merah. Sebenernya cengkeh gak ada persediaan di rumah (maklum, jarang masak dg bumbu yg aneh2..). Krn dirumah gak ada cengkeh, simbah yang mijet berbaik hati mau mengambilkan, khusus untuk Hasna (makasih ya Mbah, sudah berepot2 ria buat Jeng Hasna…).

OK, ramuan segera dibuat…

1. Parut bawang merah (secukupnya),

2. Cengkeh ditumbuk.

3. Campur no (1) dan (2) ditambah dengan minyak telon.

Trus setelah itu ramuan dioleskan diubun2… (sebenernya cengkeh bisa diganti dengan pala, tapi kalo pala ada efek sampinya, yaitu ngantukan.. hehehe… So, gak jadi deh ganti cengkeh ke Pala…). Alhamdulillah, meski malam pertama Hasna tidurnya gak pulse, tapi paginya ingusnya dah kuning-kenthel, klo hari pertama ingusnya masih encer-bening… Malem kedua Hasna boboknya dah angler lagi… Alhamdulillah ya Nak… Semoga flu kali ini segera pergi, tetep sehat, dan sholihah… Luv u Na…


Hasna (Hampir) 7 Bulan…

Dah 5 bulan ternyata gak posting…
Dan dah 5 bulan juga perkembangan Hasna terlewatkan untuk diceritakan di blog ini. Alhamdulillah sehat dan semakin tambah pinter saja. Mungkin termasuk perkembangan dan pertumbuhan yang cepat. Di usia 7 bulan ini Hasna dah ngoceh2 dan kata yg paling sering keluar, bahkan ketika bangun tidur adalah “Mbah…”.
Dah sedikit manja akhir2 ini, apalgi klo Ayah & Ibu nya di rumah. Ada saja polah tingkahnya. Tapi klo pas Ayah & Ibunya gak dirumah, kata Mbaknya yg momong anteng2 saja… Mungkin ini sbg salah satu protes ato lebih tepatnya pengin diperhatikan. Maklum, dr usia 5 bln kemarin dah sering ditinggal2 untuk waktu yang agak lama… Maaf kan kami ya Nak… Semoga itu semua jadi proses menjadikanmu lebih mandiri… (Amiin).
Sejak usia 6 bln kmrn Hasna dah mulai mam..MPASI… Nha ini juga, klo dia laper dia blg “Maem… maem”.. Lucunya….
MPASI yang pertama kami kenalkan adalah cereal… Dan ini kami buat sendiri (menghindari yg instant2…) Browsing info sana sini, dan juga dapet share dari temen2… bahannya pake tepung alami (dan organik). Dapetlah Tepung Gasol. Dan macemnya juga ada banyak. Tepung beras merah, tepung ubi, tepung kacang merah, tepung pisang, dan banyak lagi. Tapi yg dicoba baru yang tepung beras merah wangi, tepung ubi, kacang merah, dan pisang. Hasna paling suka tepung pisang dan tepung ubi krn rasanya yg masin kayak rasa aslinya itu… Alhamdulillah, untuk urusan makan ini dia gak ada masalah (Thanks Allah…) Bisa dibayangkan klo anak susah makan, mesti ribet deh… Secara klo pas lg liat anak tetangga yg susah makan gitu sok ikutan gemes juga…
Saking gampangnya makan, pas gigi Hasna mau tumbuh pun, dia tetep mau makan, tapi ngambeg nen + susu, Dokternya saja mpe bingung “Biasanya, yg gak mau itu makan, tapi kok ini malah makan biasa2 saja”… Hehe, ya itulah Hasna dokter… lha yg diterngin (red: Hasna) cm senyam senyum saja… OK Nak, semoga ke depan tetep sehat, pinter dan sholehah… Amiin. Huge and kiss from Mom Hasna…

Hasna: dua bulan…

Alhamdulillah… sudha 2 bulan nak usiamu kini. Gak terasa waktu cepat berlalu. Emang bener ya kalimat “Hari terasa panjang, sedangkan tahun terasa singkat untuk ibu2…” (Kalimat waktu acara Smart Parents Conference dari Frisian Flag… Ya begitulah, tak terasa cuti 2 bulan pun sudah berakhir, dan hari ini hari pertama ngantor. Artinya harus meningglkan Hasna di jam kerja. Alhamdulillah Hasna sama Mbak nya yang dah berpengalaman, jadi lebih tenang meninggalkan dia seharian.
Di usiamu yg 2 bulan ini dah begitu banyak perkembangan yg kamu alami. Kata “Ayah, Bu” adalah kata yang pertama kali kamu bisa, dan kami bangga dengan itu… Kamu jg akan berucap “Neh” ketika kamu mau minum…
Semoga senantiasa sehat Nak, tetap sholehah, dan semoga selalu dalam lindungan Allah swt. Amiin. We love u Hasna …

1 Bulan Hasna…

Alhamdulillah hirabbil ‘alamiin. Hanya kata itu yang sekiranya kami ucapkan atas kehadiran putri kami. Tepat 29 Juni kemarin genap 1 bulan usiamu Nak… Banyak hal yang bisa kami pelajari dari kehadiranmu. Dan dengan kehadiranmu semakin membuka mata Ibu masih banyak hal untuk tetap dipelajari dan disyukuri.

1 bulan bukan waktu yang singkat untuk meniti hari dengan bertambahnya anggota baru. Dari belajar memandikanmu, menyusuimu, mendandanimu… menjadi rutinitas yang akan selalu kami rindukan. Pun ketika dirimu terkena biang keringat (BK). Panik… mungkin itu yang kami rasakan. Dari kulitmu yang mulus, berubah menjadi merah2 hingga bernanah, dan menjadikanmu harus menunda jadwal imunisasi BCG-mu hingga 3 pekan.

Di awal kehadiranmu ini juga Ibu belajar untuk memberikan ASIP. Semoga kaupun tetap menyukai dan kita bersyukur seberapapun hasil ASIP yang kita dapatkan dan semoga tetap nanti di usiamu 6bln Ibu dan Ayah bisa mengusahakan yang terbaik untukmu.

Di bulan pertama inipun kamu sudah belajar banyak hal. Bahkan menurut kami mungkin terlalu cepat. Dari miring2, tengkurap, ngoceh, senyummu… Terlalu cepat untuk usiamu. Dan lagi2 hanya syukur yang kami ucapkan. Bahkan kami juga belum pernah menjumpaimu mengigau menangis. Semoga ini semua pertanda bahagia yang kau rasakan, di antara kami sebagai Ayah-Ibumu.

Semoga rutinitas pagimu pun tetap akan kau dapatkan, dengan jalan2 untuk menyambut udara dan embun pagi pun juga dengan rutinitas berjemur… Senyummu selalu kami rindukan Nak… Semoga tetap sehat, sholehah, dan senantiasa kita diberkahi Allah Nak, Amiin.

(Thanks untuk Ayah, u’r the best for us…)